Gubernur Maluku Harap Bea dan Cukai Selalu Tunjukan Kerja Nyata

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Untuk meningkatkan perekonomian di Provinsi Maluku perlu adanya dukungan dan sinergitas
dari semua pihak termasuk kantor wilayah Bea dan Cukai.

Oleh sebab itu, Gubernur Maluku Said Assagaff berharap Kantor Wilayah Bea dan Cukai Maluku dan Kantor Vertikal yang ada dibawahnya selalu menunjukan kerja nyata dan kerja cerdasnya, Ungkap Gubernur pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bea dan Cukai yang ke-72 di tahun 2018, yang berlangsung di lantai 5 Kantor pajak, Kamis (4/10/2018).

Menurut Assagaff, untuk meningkatkan perekonomian di daerah Provinsi Maluku secara kongkrit dapat terwujud dengan adanya dukungan dan sinergitas dari seluruh pemangku kepentingan salah satunya kantor wilayah bea dan cukai serta forum komunikasi pimpinan Daerah ,jajaran Pemerintah Daerah ,satuan kerja kementrian dan lembaga terkait BUMN,lembaga perbanakan dan lembaga keuangan ,dunia pendidikan dan akademisi ,pihak swasta terkait logistik serta seluruh Masyarakat Maluku.

Assagaff juga mengatakan Kerja sama tersebut bukan hanya sebatas untuk tujuan peningkatan Eksport komuditi ikan dan udang saja tetapi, harus meningkatkan potensi komuditi yang lain yang ada di Maluku. Tuturnya.

Sementara itu, menurut Kepala Wilayah Bea dan Cukai Provinsi Maluku Finari Manan megatakan Peringatan HUT Bea dan Cukai yang sebenarnya jatuh pada tanggal 1 Oktober, namun, tahun ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 4 Oktober 2018 secara serentak di seluruh Indonesia.

Berdasarkan sejarah awal dibentukanya kabinet pertama setelah proklamasi kemerdekaan RI, Bea dan Cukai masuk ke salah satu urusan dalam struktur Pejabatan Pajak di Departemen Keuangan. Namun, setelah Setahun berjalan, karena mengingat perbedaan karakter tugas dan posisi yang strategis, serta untuk mengoptimalkan penerimaan negara, Urusan Bea Cukai menjadi Pejabatan tersendiri di Departemen Keuangan dan tepatnya tanggal 1 Oktober 1946, dan R.A. Kartadjoemena ditunjuk sebagai Kepala Pejabatan Bea dan Cukai yang pertama. Ungkap Manan.

Sesuai amanat dari Menteri Keuangan RI bahwa peringatan HUT Bea dan Cukai ke-72 ini dirinya berpesan kepada generasi Bea dan Cukai, mindsed sangat penting, jangan pernah berpikir Bea dan Cukai hanyalah satpam yang menjaga pintu masuk dan keluar barang impor dan ekspor saja. Tetapi Berpikirlah secara makro dan luas.

Sebab Bea dan Cukai tidak hanya merupakan agen fiskal yang memungut penerimaan, namun juga merupakan agen perekonomian, yang turut menjaga pertumbuhan dan stablitas ekonomi bangsa Indonesia,ujarnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *