GUBERNUR : PERJUANGAN MARTHA CHRISTINA TIJAHAHU WARISKAN PELAJARAN BERHARGA BAGI GENERASI MUDA MALUKU

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Memaknai Pengabdian, Perjuangan dan Pengorbanan Para Pahlawan untuk Kebangkitan Bangsa dan Negara, menjadi Sorotan Tema dalam Peringatan Perjuangan Martha Christina Tijahahu ke-206, pada Selasa (02/01/2024).

Di Provinsi Maluku Peringatan Perjuangan ke-206 Tahun ini, berpusat di Monumen Martha Christina Tijahahu Kawasan Karang Panjang Ambon.

Bertindak selaku Inspektur Upacara pada kesempatan itu Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI. Syafrial dan komandan upacara Mayor Caj Marlina Mailuhu, yang diikuti oleh Forkopimda Provinsi Maluku, Wakil Gubernur Maluku, Sekretaris Daerah Maluku, Penjabat Walikota Ambon, Pimpinan Lembaga Vertikal, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Pejabat TNI Polri, dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutan Gubernur Maluku yang dibacakan oleh Inspektur Upacara disampaikan bawah Momen Peringatan Pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu ini mewariskan pelajaran yang sangat berharga bagi generasi muda maluku masa kini.

“Bahwa usia muda bukanlah waktu untuk dinikmati dengan hidup berfoya-foya dan bersifat hedonis, tetapi merupakan usia emas untuk menunjukan peran, prestasi dan eksistensi diri yang berguna bagi Masyarakat, bangsa, dan negara.” Jelasnya.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku bertekad untuk terus membentuk generasi muda Maluku menjadi generasi yang Cerdas intelektual, spiritual, emosional dan berjuang serta terlibat dalam proses Pembangunan di Bumi Raja-Raja ini.

“Keteladanan seorang Martha Christina Tijahahu juga menunjukan bahwa Perempuan Maluku tidak bisa dipandang remeh, tetapi Perempuan Maluku baik sebagai individu, warga negara dan sebagai sumber insan Pembangunan, mempunya hak dan kewajiban serta kesempatan yang sama dengan kaum pria di berbagai bidang kehidupan.” Tegasnya.

Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, dirinya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini khususnya kepada Ahli Waris Pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu, sehingga dapat berjalan lancar dan sukses.

“Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, selalu meridhoi kita dalam tugas dan pengabdian kepada Bangsa, Negara dan Provinsi Maluku yang sama-sama kita cintai.” Tutupnya.

Pada kesempatan itu juga turut dilaksanakan Peletakan Karangan Bunga sebagai wujud Penghormatan atas Perjuangan Martha Christina Tijahahu.

Untuk diketahui, Peringatan Perjuangan Pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu ke-206 Tahun 2024 ini juga dilaksanakan di Pangkalan TNI Angkatan Laut IX Ambon, yang ditandai dengan Penghormatan, Mengheningkan Cipta, dan Pelarungan Bunga di Laut oleh Danlantamal IX Ambon. (**)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *