Karena Dukungan Masyarakat, Gunung Kerbau Raih Juara III API 2019

Ambon, Wartamaluku.com – Gunung Kerbau adalah salah satu ikon di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya yang terpilih sebagai lokasi wisata dataran tinggi terpopuler di Indonesia. Gunung Kerbau menjadi juara III Anugrah Pesona Indonesia
(API) 2019, juara 1 berasal dari Riau sementara juara kedua berasal dari Banyumas.

Penghargaan API 2019 yang digelar oleh Kementrian Pariwisata ini untuk katagori lokasi wisata dataran tinggi terpopuler di Indonesia yang diraih oleh lokasi wisata Gunung Kerbau di Pulau Moa itu diterima
Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Th. Noach di Jakarta Jumat (22/11/2019).

Pada kategori lokasi wisata dataran tinggi, Gunung Kerbau di Pulau Moa berhasil menyingkirkan 10 nominator lainnya yakni, Batu Runcing di Kota Sawahlunto, Bukit Bawang Bakung di Kabupaten Lampung Barat, Bukit Pulo Dua di Kabupaten Banggai, Bantu Liara di Kabupaten Mamasa, Desa Wisata Ngades Kabupaten Malang, Kawasan Wisata Batu Raden di Kabupaten Banyumas, Muntea Haighland Kabupaten Bantaeng dan Suligi Hill di Kabupaten Rokan Hulu.

Bupati Noach menghaturkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat MBD, karena dikenalnya Gunung Kerbau hingga ke seluruh pelosok Indonesia, merupakan kerja keras semua masyarakat MBD.

“Terima Kasih atas dukungan – dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Maluku Barat Daya, karena dukungan masyarakat, Gunung kerbau bisa meraih juara III pada kategori dataran tertinggi di nusantara. Penghargaan ini adalah penghargaan untuk warga MBD, ” kata Noach.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten MBD tak dapat melakukannya tanpa keterlibatan semua pihak. Olehnya itu, Noach mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga dan memelihara potensi budaya dan wisata yang ada di MBD, agar nantinya dapat menjadi warisan bagi anak cucu.

Untuk diketahui, Kegiatan API 2019 ini merupakan penyelenggaraan ke-4 dan diikuti oleh 34 Provinsi dan 143 Kabupaten/Kota, dengan menampilkan 180 nominasi yang termasuk dalam 18 kategori. Mulai dari kategori makanan tradisional, wisata olahraga & petualangan, wisata halal hingga surga tersembunyi.

Seperti penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, periode voting dilakukan
dari tanggal 01 Juni 2019 sampai dengan 31 Oktober 2019. Sedangkan pengumuman
juara yang sekaligus pelaksanaan Malam Anugerah dilaksanakan pada Jumat, 22 November 2019.

Untuk pelaksanaan pemungutan suara (voting) juga dilakukan pengembangan. Bila
sebelumnya hanya menggunakan 2 saluran voting (SMS dan Aplikasi Android), maka untuk API 2019 akan ditambahkan 1 saluran voting lagi yaitu melalui video (youtube channel).

Sebagai informasi pula bahwa penggunaan beberapa saluran voting ini dilakukan sebagai upaya dalam menjaga independensi serta dalam upaya memberi kemudahan kepada masyarakat khususnya para wisatawan dalam memberikan pilihan suaranya terhadap para nominasi API 2019.

Pada rangkaian kegiatan API 2019, Panitia Penyelenggara juga menyelenggarakan kegiatan API Travel Mart (sebagai ajang pertemuan B2B antara para pelaku pariwisata) dan API Expo (sebagai kegiatan mini festival yang memberi kesempatan kepada Pemerintah Daerah dan juga para pelaku pariwisata dalam mempromosikan produk wisatanya langsung kepada masyarakat).

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Anugerah Pesona Indonesia merupakan Ajang Pariwisata Terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI. Kegiatannya dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada destinasi Wisata Terpopuler di Indonesia.

Ajang pemilihan masyarakat (people choice award) ini secara langsung mengajak dan melibatkan peran serta seluruh elemen masyarakat dari Kabupaten, Kota, hingga di provinsi untuk bekerja bersama-sama memberikan apresiasi, serta mendorong destinasi pariwisata di daerah mereka menjadi yang terbaik dan terpopuler.

Anugerah Pesona Indonesia juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Kegiatan yang bertujuan mengangkat potensi pariwisata yang ada di perkotaan hingga pelosok daerah di Indonesia ini akan terus dikembangkan lebih baik dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara serta mancanegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *