Lagi, Pemda Aru Dorong Pengembangan Sumber Daya Manusia

  • Whatsapp

Dobo, Wartamaluku.com – Dipenghujung masa tugasnya sebagai Bupati di periode pertamanya, Bupati dr Johan Gonga, masih saja peduli dengan pengembangan sumber daya manusia di Kepulauan Aru.

Buktinya dalam waktu dekat ini, ada sekitar 26 mahasiswa yang akan di kirimkan ke Ambon dan Bandung guna mengikuti perkuliahan.

“Ada sekitar 26 putra-putri terbaik aru akan kita kirim ke ambon dan bandung sebagai mahasiswa, 13 sebagai mahasiswa kedokteran di universitas pattimura ambon, dan 13 lainnya sebagai mahasisiwa pada Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) di bandung”. Kata bupati saat melakukan pertemuan dengan para orang tua di lantai II kantor Bupati sabtu 5/9 kemarin.

Menurut bupati, Pemda Aru telah melalukan kerjasama baik dengan unpatti, juga ikopin, guna mendorong pengembangan sumberdaya manusia di kepulauan aru, soal biaya menjadi tanggungjawab pemda.

“Untuk kedokteran, kita sudah masuk tahun kelima, mengirimkan mahasiswa ke unpatti, sementara untuk ikopin, ini kali pertama kita kirimkan mahasiswa karena baru di lakukan Mou tahun kemarin”. Tutur Bupati.

Dikatakan Bupati, Aru yang sangat minim tenaga dokter dalam melayani masyarakat mengispirasikannya untuk melakukan terobosan ini, dirinya bertujuan agar masyarakat kelak mendapat pelayanan kesehatan yang baik.

Pemda Aru juga telah membangun 12 fasilitas puskesmas rawat inap yang sangat memadai di beberapa kecamatan dan desa, kelak para mahasiswa kedokteran yang tengan di biayai pemda akan bertugas disana.

Terkait dengan Ikopin, kata bupati calon mahasiswa dari Kabupaten Kepulauan Aru pun, nantinya akan diberikan sejumlah pengalaman dalam berorganisasi, melalui sejumlah kegiatan unit kegiatan mahasiswa (UKM).
“Dengan ilmu yang diterima, maka anak-anak ini mengembangkan UMKM, Bumdes sesuai keterampilanya”.

Bupati berharap agar adanya kerjasama yang biak antara pemda dan orang tua, baik mahasiswa kedokteran maupun ikopin, dalam memberikan dorongan dan motivasi kepada agar dapan tercapai harapan yang diinginkan.(WM.Tim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *