Langkah Mandiri RT 010/RW 005 Kelurahan Siwalima Aru Cegah Covid 19

  • Whatsapp

Dobo,Wartamaluku.com – Untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, peran aktif masyarakat dinilai sangat penting. seperti halnya yang dilakukan di wilayah RT 010/RW 005 Kelurahan siwalima Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru.

Langkah mandiri yang dilakukan warga
RT 010/RW 005 adalah melakukan menyemprotan disinfektan pada semua rumah di wilayah RT, (Selasa 31/3/2020).

Kegiatan penyemprotan dipimpin langsung oleh Ketua RT Armand Walay, yang juga adalah plt Kepala Badan Perbatasan Daerah Kabupaten Kepulauan Aru, berlangsung pukul (09.00 wit) sampai selesai.

Kegiatan penyemprotan juga dihadiri oleh Luruh Siwalima Mika Ganobal, Staf tenaga kesehatan puskesmas siwalima Widya, wakil RT Asia Derlen, Sekertaris RT Marthen Payansian, bendahara RT Mida Goin serta anggota linmas dan petugas kebersihan RT.

Ketua RT 010/RW 005 Armand Walay dalam keterangannya menjelaskan Covid 19 yang kini menjadi ancaman di dunia dan juga di Indonesia, karena memang covid 19 sudah menelan korban jiwa yang begitu banyak.

Menurut Walay hal ini perlu diantisipasi dengan cara melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19 sedini mungkin.

Terkait dengan aksi penyemprotan disinfektan hari ini, memang ini merupakan agenda kita pada saat negara menetapkan covid 19 sebagai bencana nasional, jadi atas kesepakatan bersama pengurus RT 010/RW 005 dan juga masyarakat kita melakukan aksi ini sebagai antisipasi pencegahan penyebaran covid 19 di wilayah RT ini.
Selain penyemprotan disinfektan kita juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat sebanyak 70 buah.

“aksi penyemprotan disinfektan akan dilakukan diseluruh rumah warga yang ada dalam lingkup kerja RT 010/RW 005 dan kita juga membagikan masker kepada masyarakat”. Tutur Walay.

Dirinya juga akan mengantisipasi pergerakan orang baru yang datang dari laur daerah yang tinggal di lingkungan RTnya, karena menurutnya penularan covid 19 ini biasanya datang dari luar.

Walay juga menghimbau agar warga RT 010/RW 005 mentaati seluruh ketentuan yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti sosial distancing.

“Apa yang sudah dianjurkan oleh Pemerintah seperti Jaga jarak, jauhi dari tempat keramaian, dan tetap dirumah ini harus kita ikuti, guna pencegahan penyebaran covid 19.

Warga RT 010/RW 005 dimintah tetap jaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit.

Sementara itu Lurah Siwalima Mika Ganobal mendukung langkah yang dilakukan oleh RT 010/RW 005.
Menurut Ganobal guna mencegah penyebaran covid 19 perlu adanya kerjasama dari seluruh komponen terutama masyarakat.

Dirinya juga berharap agar semua RT di di wilayah kelurahan siwalima dapat melakukan langkah pencegahan covid 19 yang kini dilakukan oleh RT 010/RW 005.

Selain itu perlu adanya kerjasama RT dan Kelurahan guna memantau pergerakan orang yang masuk keluar, khusunya yang datang dari luar daerah.

“jika kita masyarakat di RT taat asas dan selalu melakukan langkah-langkah pencegahan akan tetapi jika ada orang luar yang bebas masuk dan keluar apalagi yang datang dari daerah terpapar covid 19 maka apa yang kita lakukan selama ini sia-sia sja. untuk itu perlu adanya kerjasama yang baik dari kita guna mencegah penularan covid 19 di wilayah RT masing-masing. (WM.Tim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *