Masa Tenang Pilkada Maluku, Laturua Himbau Stop Hoax

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Dengan maraknya berita hoax jelang Pesta demokrasi, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Maluku Hamdani Laturua menghimbau masyarakat stop hoax pada massa tenang pilkada.

Laturua mengatakan, Pilkada serentak adalah bagian dari ikhtiar penguatan demokrasi elektoral dalam konstruksi Negara hukum Indonesia yang diupayakan oleh seluruh element bangsa.

“Semua pihak haruslah memberikan dukungan konstruksi dalam proses politik tersebut agar proses demokrasi tetap dapat berjalan damai, berkualitas, dan berintegritas,” ungkap Laturua melalui keterangan pers kepada awak media yang berlangsung di gedung sekertariat DPW Partai Nasdem Provinsi Maluku, Jumat, 22/6/2018.

Menurutnya, Pilkada adalah mekanisme evaluasi atas kepemimpinan yang telah berlangsung sebelummnya dan proyeksi atas kepemimpinan yang diidamkan untuk masa lima tahun berikutnya.

Dan sebagai sebuah mekanisme, Kemerdekaan pemilih adalah kunci penentu kualitas dan integritas pilkada, selain variabel lainnya seperti independensi penyelenggara pemilu, mekanisme penyelesaian sengketa yang independen, penegakan hukum yang fair atas berbagai pelanggaran pidana pilkada dan lainnya,” ucapnya.

Laturua mengakui, pemilih yang merdeka akan mampu memberikan evaluasi obyektif, tanpa tekanan, dan kontributif pada peningkatan kualitas dan integritas pilkada.

“Selain sebagai mekanisme evaluasi dan proyeksi kepemimpinan, pilkada adalah pesta demokrasi, dimana rakyat akan menggunakan hak pilihnya untuk menghukum atau mendukung kandidat tertentu berdasarkan evaluasi obyektif, bebas, dan tanpa tekanan,” ungkapnya

Pilkada merupakan hari pertanggung jawaban tentang apa yang telah diperbuat oleh para kandidat.

Oleh sebab itu, sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Maluku dirinya menghimbau stop hoax, ujaran kebencian, jadikan pilkada ini aman dan damai.

Dia juga mengajak masyarakat agar bersaing secara sehat, “mari ciptakan pilkada Maluku dengan persaingan yang sehat bukan dengan pembritaan hoax untuk menjatuhkan pasangan lain, tetapi harus sama – sama menjaga situasi Kamtibmas.

Selain itu, Laturua juga mengajak masyarakat Maluku agar menjaling kerukunan umat beragama tanpa provokasi antar sesama. “STOP ISU SARA MENUJU PILKADA DAMAI DAN BERKUALITAS”. Ucapnya. (WM)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *