Memacu Kemandirian Enam UKM Mendapat Penghargaan Siddhakarya

Memacu Kemandirian Enam UKM Mendapat Penghargaan Siddhakarya

Ambon,Wartamaluku.com – Enam Perusahan menerima penghargaan Produktivitas atau Siddhakarya tingkat Provinsi Maluku. Yang diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua di lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Kamis (5/1/2017).

Hal ini dilakukan untuk upaya pemerintah memacu kemandirian Usaha Kecil Menengah (UKM) di Provinsi Maluku perlu diapresiasi. Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua dalam sambutannya.

“Tahun ini, Enam UKM berhasil meraih penghargaan Siddhakarya. Pemberian penghargaan ini merupakan kegiatan Nasional yang di akomodir oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Dinas Tenaga Kerja dan (Naketrans) Transmigrasi Maluku, yang diadakan setiap 2 tahun sekali,” Jelasnya.

Menurutnya, Bidang usaha ini dianggap mampu menerapkan konsep produktivitas dan kualitas usaha mulai di bidang pemasaran, ketenagakerjaan, keuangan hingga penerapan dan penguasaan teknologi. hal tersebut dilakukan unntuk memacu iklim usaha.

Pemerintah memberikan kemudahaan bagi pelaku usaha, Salah satunya melalui UKM. Sebagai motivasi, setiap dua tahun sekali pemerintah memberi penghargaan pada UKM berprestasi.

Dari sekian banyak UKM yang ada, 6 diantaranya memenuhi syarat mendapat penghargaan. “Saya berharap bantuan pendampingan ini bisa dimanfaatkan. Seperti membenahi sistem manajemen, kemasan, pemasaran, kualitas dan kuantitas produksi. Sebab banyak hal yang menjadi penilaian termasuk kostumer.

Apakah produknya hanya dijual di pasar domestik atau sudah di mancanegera,”katanya. Senada dengan itu Kepala Dinas Naketrans Provinsi Maluku Ahdar Sopalatu mengatakan bila usaha ini bisa tumbah secara otomatis akan berimbas pada peningkatan produktivitas. Investasi akan meningkat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional yang lebih tinggi.

“Perusahaan yang akan mendapatkan penghargaan tersebut, terbagi atas tiga perusahaan kecil terbaik dan tiga perusahaan menengah terbaik,” ujarnya.

Sopalatu menambahkan Tiga Perusahan Menengah terbaik antara lain Fa. Sarinda (Pabrik Roti), PT. Super Inti Perkasa ( Air Mineral/Aiso) dan CV. Nacha (Abon Ikan). Untuk tiga perusahan kecil terbaik yaitu, Kelompok KLP. Hunilai (Jus Pala), UKM. Makmur Jaya (Sirup rumput laut) dan CV. Breaven ( Kue kering tepung sagu). (*)

Related posts