Muswil I IKA PMII Soroti Tingginya Angka Kemiskinan di Maluku dan Percepatan Pengoperasian Blok Masela.

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Provinsi Maluku (IKA PMII Maluku) rencananya akan segera melaksanakan Musyawarah Wilayah I (Muswil ) yang akan digelar di Balroom Swiss Bel Hotel Ambon pada 29 Juni 2021.

Untuk diketahui, IKA PMII adalah sebuah organisasi yang menaungi para alumni PMII di Maluku yang kini telah aktif di masyarakat dengan berbagai latar belakang profesi.

Karateker IKA PMII Maluku Sabarudin Rery, SHI,MH kepada media masa di Ambon 26/06/2021 mengatakan Muswil kali ini akan menyoroti terkait tingginya angka kemiskinan di Maluku.

“Benar Muswil IKA PMII Maluku akan digelar 29 Juni 2021 nanti yang akan diikuti oleh 300 Alumni PMII dan 700 Lewat Zoom yang tersebar di seluruh Maluku dari berbagai latar belakang profesi. Adapun isu utama yang akan menjadi pokok bahasan adalah terkait tingginya angka kemiskinan di Maluku” terangnya.

Ia menjelaskan, kemiskinan di Maluku harus diletakan sebagai problem utama yang menjadi tangung jawab semua elemen. Karena ini masalah struktural sehingga butuh Kerjasama semua pihak.

“Kemisikinan ini masalah struktural sehingga menjadi tangunggu jawab semua pihak. Kami menilai pengentasan kemiskinan di Maluku dapat di atasi bila mana ada kesamaan persepsi terkait kemiskinan. Sehingga ada solusi yang bersifat holistic bukan parsial” terangnya.

Rery menilai selama ini solusi yang ditawarkan bersifat parsial. Belum ada sinkronisasi kebijakan antara provinsi dan kabupaten/kota. Selain itu keterlibatan elemen masyarakat atau ormas masih sangat minim.

“Solusi yang ditawarkan selama ini masih parsial. Tidak ada sinkroniasi kebijakan antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Kemudian tidak ada keterlibatan Ormas atau elemen kemasyarakatan. Sehingga semua jalan sendiri-sendiri” katanya.

Akibatnya menurut Rery, Ketika angka kemiskinan di Maluku dinyatakan tinggi oleh BPS (Badan Pusat Statistik) maka terjadi saling menyalahkan antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

“Ketika BPS menyatakan Maluku masuk 3 besar provinsi termiskin di Indonesia, baru semua saling menyalahkan. Maka Muswil I IKA PMII kali ini akan memberikan solusi holistik yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk pengentasan kemiskinan di Maluku”, Tutur nya. Selain Menyoroti Tingginya Angka Kemiskinan Di Maluku Muswil IKA PMII Maluku juga akan menyoroti Percepatan Pengoperasian Blok Masela .Menurut Rery Blok Masela sebagai Investasi terbesar untuk kesejahteraan dan Pengentasan kemiskinan di Maluku, sehingga semua stacholder Harus bersatu bersama dan mendukung upaya Pemerintah Provinsi untuk percepatan Pengoperasian Blok Masela ,Jangan lagi ada polemik terkait PI 10% yang justru Nanti di lihat Kita tidak kompak, Mari kita percayakan Kepada Pemda Provinsi untuk mengambil langkah-langkah percepatan pengoperasian blok masela Gas abadi untuk kesejahteraan Rakyat, Tutur Sabarudin Rery .Dari Pantauan Media Sejumlah tokoh Alumni PMII Maluku ikut meramaikan bursa calon Ketua IKA PMII Maluku. Di antaranya Drs.Moh Yasin Payapo (Bupati Seram Bagian Barat/Ketua DPD Hanura Maluku ), Muin Sugalrey (Wakil Bupati Kepulauan Aru/Politisi PDIP ), Syarif Hadler,BA (Wakil Walikota Ambon/Ketua DPW PPP Maluku ), Ir.Mohamad Marasabessy (Kadis PUPR Maluku ), Syahril Rumluan (Kordinator PMD Prov Maluku /Kementerian Desa,PDT RI), Syarief Hidayat Said,SE (PNS Dinas Perdagangan Prov Maluku dan Mantan Ketua NU Maluku), Dr.H.Muspida (PR IV Unpatti),Dr. Mohamad Bugis,SE (Kepala LLDIKTI Wil XII), Drs.H.Djamaludin Bugis(Kakanwil Agama Prov Maluku), Dr.H.A.Zainal Rahawarin, MSi(Rektor IAIN Ambon).Drs.H.Mohamad Jumpa(Sekda Kab.Kepulauan Aru) , Hamra Samal,SH,MH(Komisaris Pelindo IV).Dari Tokoh Politisi di antara nya: Basri Damis, SH(Ketua Dpw PKB Maluku ), Mumin Refra,SH(Ketua Fraksi PB Dprd Maluku), M.Asmin Matdoan, Sag(Politisi PKB, Mantan Anggota Dprd Kota Ambon), Halimun Sahulatu, SE( Politisi Partai Demokrat,Mantan Anggota Dprd Kab.Maluku Tengah), Habiba Pelu,MSI( Mantan Anggota Dprd Prov Maluku/Ketua PW Fatayat NU Maluku), Rizal Nurdin(Anggota Dprd Kab.Buru Selatan,Politisi Nasdem/Ketua PW GP Anshor Maluku),Iksan Tinggapi( Anggota Dprd Partai Golkar Kab.Buru/Mantan Ketua Dprd Buru) Jalil Mukadar (Wakil Ketua Dprd Kab.Buru ,Politisi PKB), Lanurdin Senen Djabumir(Wakil Ketua Dprd Kab.Aru, Politisi PKB), dan Ahmad Voth ( Wakil Ketua DPRD Kabuapten SBT/Politisi Gerindra). (WM).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *