Pattiasina Imbau Warga Waspadai Demam Berdarah di Musim Penghujan

Ambon, Wartamaluku.com – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, dr Elviana Pattiasina/M memghimbau masyarakat agar memasuki musim penghujan, masyarakat diminta untuk mewaspadai penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue alias DBD.

Sebagai anggota DPRD Provinsi Maluku, anggota Komisi IV dari daerah pemilihan Kota Ambon dirinya mengingatkan masyarakat agar memperhatikan kebersihan lingkungan dengan menggalakkan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) di sekitar tempat tinggal masing-masing.

Ditambahkan, munculnya penyakit DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypty yang biasa terjadi pada musim penghujan tiba. Khususnya pada kondisi yang menyebabkan timbulnya sejumlah kumpulan.

“Hal itulah yang perlu diwaspadai masyarakat. Musim hujan ini, warga harus waspada pada DBD yang biasanya muncul menampung udara dan menghadirkan sejumlah jentik nyamuk. Karena DBD ini penyakit menular dan setiap tahunnya selalu ada, sehingga masyarakat harus waspada” ujar Pattiasina/M.

Oleh karena itu, masyarakat diminta memperhatikan kebersihan terutama selokan di lingkungan sekitar rumah.

“DBD memang kebanyakan terjadi di musim penghujan. Makanya patut diwaspadai, karena sekarang sudah masuk musim penghujan,sehingga menjaga kebersihan lingkungan agar terbebas dari sarang nyamuk yang dapat menimbulkan penyakit” ucapnya.

Selain itu, katanya, Gerakan 3M harus terus digalakkan, yakni menguras bak mandi, menutup tempat penampungan udara dan mengubur barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

“Intinya jangan biarkan ada genangan air terjadi. Jaga kebersihan di sekitar tempat tinggal, dan cuaca seperti ini harus dalam kondisi kesehatan yang tetap terjaga. Makan yang bergizi, olahraga dan istirahat yang cukup” tutupnya. (**)

Related posts