Pemerintah Darwin Minta Pemkot Evaluasi Kinerja Helen de Lima

  • Whatsapp
Pemerintah Darwin Minta Pemkot Evaluasi Kinerja Helen de Lima

Ambon, Wartamaluku.com- Pemerintah Kota Darwin-Australia meminta Pemerintah Kota (Pemkot) untuk dapat mengevaluasi kinerja dari event organaiser (EO) Helen de Lima, yang dinilai tidak mampu mengelola menagemen lomba Perahu Layar Darwin–Ambon (Darwin Ambon Yacht Race). Hal ini disampaikan secara resmi pemerintah Australia saat bertemu langsung dengan Sekretaris Kota Ambon, A.G Latuheru di ruang kerjanya.

Dalam percakapan itu, Pemerintah Australia tak tanggung-tanggung menegaskan bahwa akan melakukan pemutusan hubungan kerjasama, dan mereka juga meminta Pemerintah Kota Ambon dapat secepatnya mencarikan EO pengganti, sehingga hubungan kerjasama ini dapat terus dilakukan.
Hal ini diungkapkan langsung Stering Comite Darwin Ambon yacht race, Rick Cetter kepada wartawan di Balai Kota Ambon.

Menurut Cetter, hubungan antara Helen de Lima dengan mereka tidak cocok lagi, sehingga harus digantikan dengan yang baru. “Kami berharap hubungan kerjasama selama ini tetap terjalin dengan baik dan selama ini kami merasa tidak cocok lagi dengan Helen de Lima, sehingga harus dicarikan penganti agar even Darwin Ambon tetap terlaksana,” ujar Cetter.

Dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon, Hengky Sopacua dengan tegas mengatakan, Pemkot tidak akan memutuskan hubungan kerjasama dengan de Lima, karena selama ini de Lima memiliki andil besar bahkan turut menyukseskan agenda rutin tahunan Darwin Ambon Yacht Race tersebut.

Bahkan menjadi yang sangat berjasa bagi Pemkot Ambon untuk mendatangkan wisatawan. “Darwin Ambon tidak lagi menggunakan jasa Helen de Lima, tetapi Pemkot masih memiliki kepentingan dengan de Lima sehingga tidak mungkin di putuskan,” kata Sopacua.

Menurut Sopacua, Pemkot hanya perlu melakukan evaluasi terhadap kinerja Helen de Lima. Bukannya langsung memutuskan hubungan kerja. Karena selama ini Helen de Lima yang menjadi penghubung antara Ambon dan Australia “Memang disadari kalau selama ini jumlah peserta yang datang mengikuti Darwin Ambon yacht race terus berkurang sehingga harus ada penjelasan dari de Lima,” kata Sopacua.

Diakui kalau kerjasama Darwin-Ambon baik-baik saja dan akan ditingkatkan lagi kedepan dan berharap jumlah peserta bisa meningkat di tahun depan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *