Pemkab MBD Dapat Bantuan Kapal Pelayaran Rakyat

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) mendapatkan bantuan satu buah kapal pelayaran rakyat dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Barat Daya Herdy Eddy Ubro kepada media ini di Ambon, 25/11/2019.

Menurutnya, Kapal tersebut tak lain adalah untuk melayani pelayaran barang dan penumpang antarpulau di Kabupaten MBD.

“Dengan adanya bantuan kapal ini, maka yang pertama kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Dirjen Perhubungan Laut yang sudah boleh memberikan satu buah unit kapal pelayaran rakyat Banawa Nusantara 34 kepada masyarakat MBD”, ungkapnya.

Dikatakan, Kapal ini direncanakan akan melayani masyarakat di wilayah MBD, agar konektifitas pelayanan masyarakat antar pulau di MBD bisa terhubung dengan baik. Hal ini dilakukan, sehingga akses transportasi antar pulau di wilayah Maluku Barat Daya bisa terhubung.

Dijelaskan Ubro, Kapal tersebut sudah tiba di Pulau Moa Kabupaten Maluku Barat Daya dan sesuai dengan kesepakatan bersama Dinas Perhubungan dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati dan Sekda bahwa kapal ini akan dioperasikan pada tahun 2020.

Kapal Banawa Nusantara 34 yang dihibahkan kepada Maluku Barat Daya ini memiliki kapasitas 35 GT dan mampu memuat penumpang sebanyak 50 orang.

Selain itu, kapal ini dapat memuat barang seberat 20 ton, dengan kecepatan 7 sampai 11 knot.

Rencananya Kapal Bawana Nusantara 34 ini akan dioperasikan antar pulau, yakni dengan
rute Moa – lakor – Sermatang Pulang Pergi (PP) kemudian Moa – Letti – Kisar Arwala – Romang Pulang Pergi (PP). (WM)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *