Pemkot Ambon Gelar Festival Cipta Menu B2SA & Makanan Serba Ikan

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena membuka secara resmi festival cipta menu Beragam Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan makanan serba ikan yang di gelar oleh Dinas Perikanan Kota Ambon,berlangsung di Gedung Serbaguna Xaverius, Selasa (26/9/2023).

Penjabat Walikota dalam sambutannya mengatakan, tahun 2045 Indonesia telah mempersiapkan untuk generasi emas. Dimana, pada tahun itu merupakan 100 tahun Indonesia merdeka dan menjadikan Indonesia sebagai negara maju yang ditopang dengan sumber daya manusia yang dimiliki”ujar Wattimena

Dalam upaya itu maka, seluruh jajaran mulai dari Pempus hingga daerah dimintakan untuk menyiapkan generasi muda bangsa supaya pada waktunya kita tiba pada tahun generasi emas 2045 maka kita siap untuk itu.

Menurutnya, upaya untuk menyiapkan generasi emas ini tentu harus memberikan makanan dengan gizi yang baik. Bagaimana bisa mereka bisa pintar dan cerdas kalau tidak diberikan makanan yang bergizi, makanan yang memenuhi standar agar perkembangan otak mereka baik, kesehatan tubuh baik serta diikuti dengan perkembangan karakter mental yang baik.

“Oleh karena itu, seluruh kita berkepentingan dan berkewajiban untuk membangun ekosistem yang baik dalam rangka meningkatkan kualitas SDM, satu yang paling penting adalah makanan yang bergizi. Karena itu, hari ini lewat kerjasama tim PKK Kota Ambon dengan Dinas Pertanian dan Perikanan maka kegiatan ini dilakukan,”jelasnya

Untuk itu perlu disadari sungguh bahwa pangan lokal memiliki peran penting dalam membangun ketahanan pangan di suatu wilayah di suatu daerah. “Ketergantungan kita terhadap beras misalnya, itu tidak masalah sepanjang produksi beras dan stok beras cukup tapi itu akan sulit ketika stok beras tidak cukup karena kota Ambon bukanlah daerah penghasil beras, tapi kita bergantung kepada daerah lain. Oleh karena itu, untuk menjaga ketahanan pangan lokal kita butuh melakukan inovasi”tandasnya. (***)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *