Penjabat Walikota Ambon Tinjau Lokasi Kebakaran di Kawasan Kelurahan Benteng

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, meninjau lokasi kebakaran di kawasan kelurahan Benteng, Gudang Arang, RT.003/ RW/006, Kecamatan Nusaniwe-Kota Ambon, Selasa (31/10/2023).

Kebakaran yang terjadi pada Minggu (29/10/2023), sekitar pukul 05.00 WIT menghanguskan 12 rumah warga.

Disela-sela peninjauan itu, Wattimena mengatakan, untuk penanganan pengungsi, Pemkot akan melakukan sesuai dengan prosedur penangananan bencana.

“Kita tetapkan status darurat selama empat belas hari kedepan, itu adalah tanggungjawab dari Pemerintah Kota Ambon dalam hal ini BPBD dan Dinas Sosial untuk memberikan bantuan sepenuhnya kepada pengusi korban kebakaran yang ada pada kelurahan Benteng, Gudang Arang, RT.003/ RW/006, kecamatan Nusaniwe,” jelas Wattimena.

Karena itu, lanjut Wattimena, untuk kepemilikan rumah yang sah, Pemkot akan memberikan dana stimulan sebesar Rp15 juta sesuai aturan. Selain itu, memberikan alat masak dan makanan pokok.

“Yang punya kepemilikan rumah itu kita membangun, sudah sesuai mekanisme Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon yang kita ikuti sesuai prosedur bagi para pengungsi kita akan membangun tempat yang layak tinggal sementara,”jelas dia.

Ditambahkan, karena saat ini pengungsi membutuhkan tempat yang layak, dan segera kita buat, misalnya dapur umum, Mandi, Cuci, Kakus (MCK) yang akan dibangun di lokasi bekas kebakaran.
Sementara penanganan kesehatan bagi anak-anak di lokasi pengungsian akan ditangani secara langsung oleh Puskemas Benteng. (WM/tim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *