PJ. GUBERNUR MALUKU AJAK MASYARAKAT HADIRI FESTIVAL AL-MULK PAMERAN ARTEFAK RASULULLAH SAW

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Lembaga Dakwah Nadhlatul Ulama (LDNU) Kota Ambon bersama Pondok Pesantren Kuttab Zein Musthafa, serta didukung oleh Pemerintah Provinsi Maluku dan berbagai pihak lainnya, menggelar Festival Al-Mulk, di Auditorium Universitas Pattimura Ambon, yang akan berlangsung dari tanggal 13-24 Mei 2024.

Dalam Festival Al-Mulk ini, akan turut dipamerkan Puluhan artefak Peninggalan Rasulullah SAW, yang merupakan momen spiritual, peninggalan benda-benda Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya yang didatangkan ke Maluku.

Artefak Rasullulah SAW ini tiba pada Minggu (12/5/2024) dengan menggunakan Pesawat Lion Air Penerbangan Surabaya-Ambon, sekitar pukul 14.38 WIT di Bandara Pattimura Ambon, yang dijemput langsung oleh Penjabat Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU, Ust. Ishak Al Mahmudi selaku Ketua Rombongan beserta jajaran, Ust. Chairudin Talaohu selaku Ketua Panitia Pelaksana Beserta Rombongan, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Perempuan.

Setelah penjemputan, puluhan artefak peninggalan Rasulullah SAW beserta sahabatnya, dibawa menuju kediaman pribadi Penjabat Gubernur Maluku di Kawasan Kebun Cengkeh Ambon.

Sadali pada kesempatan itu, mengatakan bahwa Pameran yang akan dilaksanakan ini bukanlah suatu kebetulan, melainkan sesuatu yang sudah diikhlaskan untuk pelaksanaanya ada di Ambon.

“Atas nama masyarakat Maluku dan Pemerintah Provinsi Maluku kami menyambut baik, memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap, Panitia Pelaksana yang atas ijin Allah, memilih Maluku sebagai tempat pelaksanaan pameran artefak Rasulullah SAW beserta sahabat-sahabatnya,” Ungkap Penjabat Gubernur Maluku.

Ia berharap apa yang dilaksanakan ini akan mendapat berkah bagi masyarakat Maluku secara umum dan khususnya di Kota Ambon, sebagai tempat pelaksanaan Pameran ini.

Dengan penuh haru, dirinya atas nama pribadi dan keluarga, menyampaikan terima kasih, dan ungkapan syukur kepada Allah, karena melalui para ustadz, telah mendatangkan benda-benda rasul di rumah pribadinya.

“Mudah-mudahan apa yang telah dilakukan oleh Ketua Panitia serta para Ustadz ini dijabah oleh Allah SWT.” Harap Sadali.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku, agar menjaga serta merawat kesatuan dan persaudaraan, untuk mensukseskan Acara Festival ini dengan penuh tanggung jawab.

“Insha Allah festival ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, dan dapat diketahui bagi masyarakat seluruhnya apa saja yang menjadi peninggalan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya.” Ujarnya.

Dirinya menyampaikan, hal ini juga menjadi edukasi bagi kita semua, sehingga apa yang dijalankan ini mendapatkan keberkahan.

“Mari Kita jaga ketentraman, keamnan selama pameran ini dilaksanakan di Auditorium Universitas Pattimura Ambon.”

Seluruh pimpinan OPD yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini, Dirinya turut mengucapkan terimakasih, dengan doa semoga Allah SWT selalu merahmati dan memberkahi dalam melaksanakan tugas-tugas pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara.

Adapun puluhan artefak yang dibawa untuk dipamerkan pada Festival Al-Mulk, yakni :
1 Rambut Rasulullah SAW
2 Janggut Rasulullah SAW
3 Darah Bekam Rasulullah SAW
4 Ekstrak Keringat Rasulullah SAW
5 Tanah Makam Rasulullah SAW
6 Imamah Rasulullah SAW ( Yaman )
7 Beras Ayat
8 Sandal Terompah Rasulullah SAW
9 Bekas Tapak Kaki Rasulullah SAW
10 Bekas Kayu Siwak Rasulullah SAW
11 Cemeti/Cambuk Rasulullah SAW
12 Busur & Anak Panah Rasulullah SAW
13 Tongkat Rasulullah SAW
14 Cap Mohor/Stempel Rasulullah SAW
15 Wadah Air/kantong kulit Rasulullah SAW
16 Wadah Air Zamzam/Guci Rasulullah SAW
17 Wadah Susu Siti Khadijah RA
18 Pedang Khalid Bin Walid
19 Pedang Sayyidina Husein
20 Pedang Al Fatih
21 Bekas tapak kaki unta Rasulullah SAW
22 Batu Sijjil
23 Batu Dinding Kabah Kecil
24 Kunci Makam Rasulullah
25 Kiswah Kabah Merah
26 Kiswah Kabah Hijau
27 Siwak Rasulullah SAW
28 Pedang Salahudi Al Ayubi(Replika untuk kebutuhan Foto) (**)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *