Renyaan Buka Musrembang Tingkat Ohoi

Renyaan Buka Musrembang Tingkat Ohoi

Ambon,Wartamaluku.com- Guna menyusun Rencana Pembangunan Desa/Ohoi di kabupaten Maluku Tenggara, belum lama ini Kantor Camat Kei kecil menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Desa/Ohoi Kegiatan yang dibuka langsung Camat Kei Kecil Timur Victor Renyaan, melibatkan Kepala-kepala Ohoi se kecamatan kei Kecil timur, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat Ohoi Wain dan Semawi Dalam sambutannya Renyaan mengungkapkan, Musrenbang merupakan sarana yang paling penting dalam rangka merencanakan program pembangunan di Ohoi yang lebih baik. Sehingga diharapkan keterlibatan dan peran aktif masyarakat Ohoi dalam kegiatan Musrenbang tersebut, dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat dalam Musrenbang maka perencanaan pembangunan di Ohoi ke depannya akan lebih baik lagi dari tahun – tahun sebelumnya.

 

Dijelaskannya, pelaksanaan Musrenbang ini, melibatkan dua Ohoi yakni,Ohoi Wain dan Semawi. Sebab sebelumnya mereka telah menggelar pra Musrenbang dan pada kesempatan itu mereka diberikan kesempatan terlebih dahulu untuk memaparkan berbagai usulan program pembangunan yang telah direncanakan Ohoi selama tahun 2016. Sementara untuk Ohoi Wain, karena belum sempat melaksanakan pra Musrenbang maka setelah pemaparan dari Ohoi Semawi dilajuntkan dengan agenda diskusi perencanaan oleh masyarakat Wain.

Musrenbang Ohoi Wain dan Semawi yang dilaksanakan selama satu hari tersebut menghasilkan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2016 ini, berbagai program dan rancangan pembangunan Ohoi ini nantinya akan dibiayai dengan dana Alokasi Dana Ohoi baik dari Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Pusat. Sementara program yang akan dibiayai APBD akan dilanjutkan pada Musrenbang Tingkat Kecamatan dan untuk program yang di danai Pemerintah Pusat akan dipaparkan pada Musrenbang tingkat Kabupaten. Dari kegiatan Musrenbang yang berlangsung di Ohoi Wain, menghasilkan program – program seperti, pemberdayaan masyarakat, penambahan fasilitas untuk bidang Pendidikan dan Kesehatan, jalan – jalan tani,pengadaan sarana dan prasarana untuk kelompok tani dan nelayan.(WM-03)

Related posts