Study Arkeologi Di Wilayah MBD

  • Whatsapp
Study Arkeologi Di Wilayah MBD

Ambon,Wartamaluku.com- Menurut kepala badan arkeologi Muhamad Husni kepada media ini mengatakan pulau-pulau di kabupaten maluku barat daya merupakan kawasan sumber arkeologi, sebab di MBD ada banyak bukit-bukit dan prasejarah dan masih banyak prasejarah lainnya.

Lanjutnya, yang menarik dari salah satu sumber dari buku prasejarah pada pertengahan abab ke-19 yang berasal dari belanda mengukir pulau-pulau di MBD seperti leti, luang, kisar,marsela, pulau babar dan serua memiliki prasejarah yang sangat unik. Contoh pulau kisar ada bukit, lutru dan lain-lain.

Menurut Husni pulau di MBD sudah ada pada beberapa pulau kajian namun masih terbatas, olehnya itu ia berharap benda-benda tersebut harus dijaga dengan baik.

Selain itu di pulau-pulau yang ada di kabupaten maluku barat daya secara kolektif mempunyai nilai-nilai dengan banyak pulau pada wilayah perbatasan, dan saat ini menjadi perhatian.

Husni berharap semoga kedepan lebih banyak kajian arkeologi, dan di tahun 2017 akan diadakan kegiatan kajian di pulau babar sebab pulau tersebut merupakan karakter pulau yang luas yang dekat dengan australia dengan faktor lingkungan prospektif. (WM/Tim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *