Tingkatkan Kesejahteraan, Walikota Tual Serahkan Bantuan Paket Bagi Masyarakat

  • Whatsapp
Tingkatkan Kesejahteraan, Walikota Tual Serahkan Bantuan Paket Bagi Masyarakat

Tual,Wartamaluku.com – Wali Kota Tual Adam Rahayaan menyerahkan bantuan paket kepada masyarakat dalam Program Pengembangan Kewirausahaan dan Keunggulan Kompetetif Usaha Kecil dan Menengah dari Dinas Koperasi Kota Tual tahun anggaran 2017 yang berlangsung di Pandopo Yarler Sabtu, 7/10/2017.

Rahayaan dalam sambutanya mengatakan, Sesuai arah kebijakan umum dan strategi pembangunan daerah, sebagaimana tertuang di dalam rencana pembangunan jangka menengah ( RPJMD ) Kota Tual, dimana salah satu sasaran stragegis adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempercepat pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran serta meningkatkan kesejahtera masyarakat.

Khusus bagi upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat dan dalam rangka memacu laju pertumbuhan ekonomi masyarakat maka sesungguhnya bangun perusahan yang sangat sesuai adalah gerakan koperasi dan oleh kerena itu, koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional perlu terus digalakan dan ditingkatkan peranannya termasuk usaha kecil dan menengah. “ungkapnya.

Menurut Rahayaan, Pertumbuhan ekonomi nasional bukan saja ditentukan oleh perusahan perusahan suasta yang besar ( konglomerat ) atau juga bukan saja oleh badan badan usaha milik Negara ( BUMN ) dan Badan Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD ) tetapi sesunggunya sangatlah ditentukan oleh gerakan Koperasi serta Usaha Kecil Menengah (UKM).

Dalam konteks itulah koperasi dan usaha kecil menengah haruslah sedemikian ditumbuhkebangkan dan ditingikan peranannya karena sesungguhnya pengembangan koperasi dan UKM sangat cocok dan relevan” jelasnya Program pemerintah melalui Kementrian Koperasi dan UMKM yang telah menggagas program Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi ( GEMASKOP ) yang berorientas pada 3 sasaran yakni, Mengajak sebanyak banyaknya masyarakat untuk berkoperasi, membenahi koperasi – koperasi yang telah ada untuk berkoperasi sesuai dengan prinsip – prinsipnya dan membangun koperasi berskala besar yang mampu dan memiliki daya saing.

“Saya menyambut gembira pemberian bantuan yang dilakukan hari ini, karena merupakan awal yang baik bagi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Tual dalam rangka mengembang tugas dan tanggung jawabanya , mengembangkan dunia usaha khusunya koperasi dan usaha kecil menengah yang ada di kota tual.

Di akhir sambutan Rahayaan mengharapkan agar, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menegah Kota Tual ke depan harus merencanakan secara baik program pemberdayaan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah serta mengadakan koordinasi dan konsultasi yang baik dan intensif baik dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku maupun dengan Kementrian Koperasi dan UKM RI guna mendapatkan sebanyak-banyaknya dana bantuan maupun dana gulir yang diarahkan ke setiap kabupaten dan kota.

Dan Kepada saudara-saudara baik dari pedagang kaki lima (PKL) maupun koperasi dan UKM diharapkan agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang telah diterima guna kepentingan dan kemajuan usaha.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tual Drs. M.Zein Matdoan yang menyampaikan laporannya mengatakan, adapun Penerima manfaat berupa sembako sebanyak 125 paket, bantuan mesin jahit sebanyak 30 paket, bantuan etalase sebanyak 53 buah, bantuan mesin ketinting sebanyak 40 unit bantuan computer ke 6 koperasi sebanyak 6 unit bantuan pasar PKL sebanyak 10 Unit di beberapa desa dan bantuan pasar kuliner sebanyak 1 unit bertempat di Divur.

Bantuan peralatan rumput laut sebanyak 300 paket bantuan ternak unggas, itik dan kandang untuk 40 kelompok, bantuan paket usaha rumah makan sebanyak 20 paket dan bantuan sembako untuk kelompok usaha sebanyak 6 paket.

Bantuan hibah ini di salurkan ke Kecamatan Pulau Dullah Selatan, Kec. Pulau Dullah Utara. Kec.Tayando Tam, Kecamatan Pulau-pulau Kur dan Kecamatan Kur Selatan dan sumber dana berasal dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tual tahun anggaran 2017.(Wmstef)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *