Umasugi Gelar Gerakan Buru Menyala.

  • Whatsapp
Umasugi Gelar Gerakan Buru Menyala.

Buru, Wartamaluku.com- Bupati Buru Ramly Umasugy melakukan kunjungan kerja ke Desa Waelapia, Kecamatan Teluk Kaiely, sekaligus menyumbangkan balon lampu listrik kepada setiap rumah pada lima desa. Kegiatan pembagian balon lampu tersebut guna mendukung gerakan Buru Menyala, dipusatkan di Desa Waelapia, Sabtu (12/3).

Program yang diluncurkan oleh Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Buru, pimpinan Hasan Rehalat tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Warga masyarakat menyambut Bupati Buru dan rombongan dengan tarian sawat, cakalele serta pengalungan bunga dari lima desa dintaranya Desa Waelapia, Masyarete, Kakiair, Seit dan Desa Kaiely. Selain itu, Dinas Pekerjaan Umum yang dipimpin Pudji Wahono, juga telah menjumbang bantuan stimulan perumahan swadaya berupa bahan bangunan zeng, semen dan bahan bangunan lainnya. Bantuan Dinas PU tersebut yaitu 40 unit rumah di Waelapia, Masarete 40 unit rumah dan Desa Kaiely 35 unit rumah.

Sementara Dinas Kelautan dan Perikanan yang dipimpin Adam Umasugi, juga menyumbang satu unit Katinting berserta alat tangkap nelayan. Dinas Ketahanan Pangan menyumbang satu unit mesin parut kelapa, serta bantuan dari Biro Kesra Setda Buru berupa satu set perlengkapan olah raga.

Direktur CV. Indo Sarana Inti, Abdul Kadir Tan alias Kong Tan mengatakan, kedatangan bupati ke Desa Walapia, guna melaunching olahraga bahari dan penyerahan balon lampu untuk gerakan Waelapia menyala. Tan menyebutkan, pihak perusahaan lewat Pemda Buru telah memberikan bantuan berupa Satu set TV LG 27 inch yang nantinya digunakan untuk posko jelang pilkada Buru.

Selanjutnya masyarakat yang ada disana juga menggelar kegiatan olahraga bahari berupa lomba dayung dan panggayong gadja. Lomba olahraga bahari tersebut diikuti oleh warga dari lima desa dari Kecamatan Teluk Kaiely dan Kecamatan Batabual. Bupati Buru saat memberikan sambutan mengatakan, bantuan yang disalurkan kepada tiga desa tersebut dapat dimanfaatkan sebaik- baiknya. ‘’Kiranya program ini terus dilakukan untuk kelangsungan hidup banyak orang. Gerakan Bupolo Mengaji sudah di Perdakan Pemda Buru. Kepada para orang tua untuk dapat memperhatikan anak- anak saat waktu Magrib, dimana saatnya anak-anak dapat melaksanakan mengaji maupun belajar ilmu pengatahuan umum lainnya,’’ imbuh Umasugy. (WM-03)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *