Wattimury Dorong Masyarakat Leitisel Manfaatkan Lahan Untuk Pertanian

  • Whatsapp

Ambon,Wartamaluku.com – DPRD Maluku mendorong masyarakat memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian. Demikian dikatakan Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury usai melakukan reses di kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) kepada wartawan di ruang kerjanya Selasa, 18/5/2021.

Menurut Wattimury, pengembangan kelompok tani untuk pemanfaatan lahan tidur di masa pandemi Covid-19 saat ini, di masa sidang reses yang telah berakhir 17 Mei (kemarin), salah satunya di Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon.

“Sebagai contoh, kalau musim barat masyarakat di Leahari fokus nelayan, tetapi musim timur saat ini tidak bisa, ini harus diatur supaya pada musim barat mereka melaut, ketika musim timur mereka mesti memanfaatkan ruang-ruang pertanian yang ada untuk menjadikannya sebagai lokasi yang bisa dimanfaatkan bagi mereka.

Karena itu, dalam tiga kali pertemuan dengan kelompok tani kita sudah mengupayakan untuk pembersihan lahan, penanaman pohon mangga, durian dan lain sebagainya, dan beberapa jenis lain,”tuturnya.

Sebagai tindak lanjut, dirinya akan meminta Dinas Pertanian untuk melakukan penyuluhan kepada kelompok tani, sehingga masyarakat bisa mengembangkan potensi pangan peluang yang ada di daerahnya.

Sementara untuk Toisapu, jelasnya masyarakat mengusulkan rumah layak Huni dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Semua usulan itu sudah tampung dan dibuat untuk disampaikan kepada Pemda melalui OPD terakit, sebagai contoh UMKM kami langsung berkoordinasi dengan Kepala Dinas Koperasi untuk menampung usulan itu, ternyata mendapat respon baik dari beliau,”ucapnya.

Aspirasi lainnya, kata Wattimury akan ditampung dan sampaikan baik dalam Pokok pikiran melalui penyusunan APBD tahun 2022 maupun kebijakan lain yang dilakukan pemda melalui OPD terkait.”ungkapnya.(**)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *