BEI Perwakilan Maluku Gelar Workshop Bagi Wartawan Daerah

Ambon, Wartamaluku.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui Kantor Perwakilan Maluku, Sabtu (02/10/2021) menyelenggarakan acara

Workshop Wartawan Daerah (WWD) yang dilakukan melalui daring.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor KP BEI Maluku beserta staff dan juga sebagian perwakilan wartawan di Kota Ambon.

Kepala Kantor KP BEI Maluku Alberto dalam sambutannya menyampaikan seharusnya acara WWD ini dilaksanakan secara tatap muka, namun karena menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir di Kota Ambon, sehingga acara ini hanya bisa dilaksanakan melalui aplikasi Zoom.

Berdasarkan data BEI sampai dengan 30 September 2021, lanjut Alberto, dapat disampaikan beberapa hal sebagai berikut, dimana Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah mencapai angka 6.286,94, terdapat 750 perusahaan yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia, rata-rata nilai transaksi harian sebesar 13,12 Triliun, rata-rata investor aktif per/hari yaitu 198.858 investor dan total Investor pasar modal telah berjumlah 6.100.525 investor.

KP BEI Maluku kata Alberto telah bekerja sama dengan dua Anggota Bursa (AB) dalam melaksanakan kegiatan Edukasi Pasar Modal di wilayah Maluku, yaitu Phillip Sekuritas Indonesia dan Phintraco Sekuritas.

Sampai dengan saat ini, KP BEI Maluku telah memiliki 10 Galeri Investasi (GI BEI) yang tersebar di wilayah Maluku–Maluku Utara, di antaranya, Universitas Pattimura, FSEI IAIN Ambon, FTIK IAIN Ambon, Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Politeknik N. Ambon , STKIP Gotong Royong Masohi, Universitas Iqra Buru, Universitas Khairun Ternate, IAIN Ternate dan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara.

Selain itu terdapat juga dua Galeri Edukasi (GIE) di Kota Ambon, yaitu SMK Negeri 1 Ambon dan SMK Negeri 6 Ambon.

Lanjutnya, jumlah investor saham di wilayah Maluku– Maluku Utara telah berjumlah 8.345, dengan total keseluruhan investor Pasar Modal Maluku telah mencapai 21.147 investor, dengan rata-rata investor yang aktif per bulan yaitu sebanyak 977 investor.

Menurut Alberto, pencapaian ini tentunya tidak luput dari peran penting rekan-rekan media yang pro-aktif dalam menyebarluaskan informasi pasar modal ke seluruh daerah di wilayah Maluku–Maluku Utara.

“Untuk itu, kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras dari teman-teman media di seluruh wilayah Maluku–Maluku Utara,” kata Alberto.

“Dalam rangka 44 tahun diaktifkannya kembali Pasar Modal, Bursa Efek Indonesia telah melakukan rangkaian kegiatan kegiatan berupa Public Expose Live 2021.

Selanjutnya kegiatan Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 14 – 16 Oktober mendatang, diharapkan rekan-rekan wartawan dapat berminat mengikuti kegiatan tersebut,” lanjut Alberto. (WM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *