Buka Tambang Gunung Botak, Zat-Zat Sianida dan Merkuri Harus di Angkat

  • Whatsapp
Aktifitas masyarakat di gunung Botak

AMBON, WARTAMALUKU.COM – Menanggapi berbagai isu miring tentang tambang emas gunung Botak yang direncanakan akan dibuka kembali, Gubernur Maluku, Said Assagaff menegaskan, silahkan saja jika ingin untuk membuka, asalkan seluruh zat-zat Sianida dan Merkuri harus bisa di angkat dan dibersihkan terlebih dahulu. Demikian kata Gubernur, usai melantik Sekda di lantai 7 Kantor Gubernur, Senin (18/1).

“Silahkan lah, kalau tambang gunung botak mau dibuka kembali, tetapi ingat, zat-zat sianida dan merkuri harus diangkat terlebih dahulu agar tidak ada korban di masa-masa yg akan datang. Yang pusing kan kita”, jelasnya.

Ia menambahkan, namanya tambang rakyat tidak ada yang tertutup, apalagi diberikan kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini kita buat supaya tidak ada korban yang berjatuhan akibat zat-zat tersebut, untuk itu perlu dilakukan pembersihan kedua zat yang berbahaya itu.

Mengakhiri keterangannya kepada pers, ditambahkan, bahwa selain dirinya bertanggungjawab untuk keselamatan masyarakat maluku umumnya dan Pulau Buru khususnya, namun lebih dari itu, masyarakat sendiri harus bisa menghindari resiko yang tidak diinginkan. (wm/tim)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *