Hasil Survei Parameter Konsultindo, Paslon KALWEDO Unggul

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Parameter Konsultindo, dalam rilisnya ditemukan, pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Niko Kilikily-Desianus Orno dengan jargon KALWEDO, unggul dari 2 paslon pesaingnya, jika pilkada di kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dilaksanakan hari ini.

Sementara posisi kedua, disusul paslon Benyamin Noach-Agustinus Kilikily dengan jargon BENAR 34,43 persen dan ketiga paslon Jhon Leunupun- Dolfina Markus dengan jargon JODO 18,59 persen.

” Dari temuan survei kami, KALWEDO unggul dari BENAR dan JODO dengan kompetiter terdekat selisih ±3 persen. Dengan selisih ±3 persen, keunggulan paslon KALWEDO masih ada pada margin of eror 3 persen, maka keunggulan KALWEDO dalam temuan survei ini, masih
dapat terkoreksi dan posisi kemenangannya dapat di geser oleh paslon BENAR, apabila pasangan KALWEDO tidak konsisten dalam menjaga
keunggulan, di kecamatan yang ditemukan menang dan validasi data yang lemah oleh tim dengan kata lain, peluang pasangan KALWEDO dan BENAR untuk menang pada hari H, sangat terbuka dengan strategi masing-masing paslon,” ungkap Edison Lapalelo, Direktur Parameter Konsultindo Wilayah Indonesia Timur, Sabtu malam (05/12/2020) di salah 1 hotel di kota Ambon.

Kendati demikian, tingkat popularitas paslon, posisi pertama oleh paslon BENAR 94,11 persen. Disusul
paslon KALWEDO dengan 88,17 persen dan posisi terakhir 81,65 persen oleh paslon JODO.

Ia mengakui, selain elektabilitas paslon, kecendrungan masyarakat memilih paslon 40,09 persen masih berdasarkan kesamaan suku dan wilayah, kalahkan segmentasi kesamaan ideologi politik dan kinerja, prestasi juga rekam jejak. (**)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *