Jaringan Telekomunikasi Bawah Laut Tiba di Pulau Moa

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Usaha Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) untuk mensejahterakan masyarakat MBD kini satu persatu mulai terjawab. Salah satunya pada bidang telekomunikasi dan informasi. Hari ini, kabel fiber optik program pembangunan jaringan telekomunikasi bawah laut palapa ring wilayah timur mendarat di Pulau Moa, kabupaten MBD sekitar pukul 07,45 – 08,15 wit.

Satu langkah besar terjadi dalam pengembangan teknologi telekomunikasi di kabupaten Bumi Kalwedo yang merupakan salah satu daerah terluar di Provinsi Maluku. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Maluku Barat Daya, David S. Katayane, SE., M.Si kepada media ini via telpon seluler, 9/10/2018.

Menurut Katayane, Penggelaran kabel serat optik bawah laut yang bakal dipakai sebagai tulang punggung akses internet dan telekomunikasi ini di mulai dari desa Patti Pulau Moa Kabupaten Maluku Barat Daya ke Saumlaki Pulau Tanimbar Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Oleh sebab itu diharapkan tahun 2019 masyarakat sudah bisa menikmati jaringan tersebut.

“Sesuai dengan perencanaan dari kementrian kominfo Republik Indonesia, diharapkan pertengahan tahun 2019, Fasilitas telekomunikasi dengan teknologi fiber optik ini sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Maluku Barat Daya dan sekitarnya, semoga ini dapat terlaksana sesuai yang telah direncanakan.” Ucap Kadis.

Lanjutnya, Palapa Ring ini bakal mewujudkan tulang punggung telekomunikasi berbasis serat optik di seluruh daerah termasuk Kabupaten MBD.

Untuk diketahui, Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Sedangkan kabel fiber optik merupakan salah satu jenis kabel yang dibuat dengan teknologi canggih masa kini, yang mana sebagian besar bahan dasarnya terbuat dari serat kaca. (WM)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *