Masyarakat Desa Rotnama Gagal Panen, Pemdes Bantu Beras

  • Whatsapp

MBD, Wartamaluku.com – Akibat gagal panen, Pemerintah Desa Rotnama, Kecamatan Mdona Hyera, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) membantu masyarakat dengan beras sebanyak 2.160 kg.

Kepala Desa Rotnama Teprianus Hadulu mengatakan Beras yang di bagi untuk masyarakat sebanyak 2.160 kg/108 karung di bagi kepada 54 Kepala Keluarga (KK) dengan per-KK 40 kg. Ungkapnya kepada media ini, sabtu, 9/5/2020.

Menurutnya, akibat dari gagal panen, maka atas persetujuan dan kesepakatan bersama pihak Pemdes dan BPD Desa Rotnama mengambil kebijakan untuk membantu masyarakat dengan menggunakan Dana Desa.

“Dampak gagal panen di tahun 2020 atau di musim barat ini mengakibatkan pertumbuhan jagung di kebun – kebun warga tidak sesuai harapan”, ungkapnya.

Dikatakan, selain keterlambatan curah hujan, sebelumnya juga ada hama atau bilalang yang memusnahkan tanaman dari masyarakat.

“Karena itu, pengambilan kebijakan oleh PEMDES ini berdasarkan kesepakatan bersama BPD melalui Dana Desa, dengan membeli beras untuk di bagikan kepada warga masyarakat desa Rotnama yang telah mengalami gagal panen di musim barat”, tuturnya.

Dijelaskan Hadulu, ada sebagian kecil warga yang hanya mendapat hasil kebun yakni antara 20-25%. Dan itu dinilai tidak mencukupi target untuk makan bagi keluarga selama setahun.

“Lebih disayangkan lagi tuntutan biaya anak – anak yang masih bersekolah maupun yang sementara kuliah, karena setiap bulan orang tuanya harus mengirim uang untuk Biaya kuliah, membayar kontrakan dan biaya hidup di kota setiap hari,” katanya.

Oleh karena itu, ada program Pemerintah Desa (PEMDES) Rotnama melalui dana desa tahun 2020 telah menganggarkan biaya kuliah/Beasiswa bagi siswa miskin demi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Rotnama.

Selain itu, dikatakan, di tengah wabah virus corona disease C-19 maka sumber pendapatan warga di Desa untuk biaya hidup sehari-hari tidak seperti tahun – tahun sebelumnya.

Karena itu, pihaknya berharap kiranya masyarakat tetap bersemangat, meskipun banyak tantangan. Bahkan Hadulu berharap agar warga Desa Rotnama lebih giat dan semangat lagi untuk berkebun di musim timur dan yang lebih diutamakan lagi yakni tanaman makanan pangan lokal seperti buah-buahan dan umbi-umbian yang adalah makanan khas orang Maluku Barat Daya,” ungkapnya.

Hadulu juga menghimbau kepada warga Masyarakat desa Rotnama dalam mencegah wabah virus corona atau disease Covid-19 agar selalu menjaga kesehatan, hidup bersih, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan minum dan terus menjaga jarak dengan sesama/keluarga yang berdatangan dari luar daerah yang termasuk zona merah.

“Dengan adanya proram/bantuan Dana Desa dari Pemerintah pusat sampai ke Daerah, kecamatan dan Desa kepada warga maka saya minta mari bergandengan tangan bersama dengan semangat untuk terus membangun Negeri.” tuturnya. Kalwedo. (WM).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *