Masyarakat Desak Bupati SBT Naikan Status Pulau Manawoko Jadi Kecamatan Definitif

  • Whatsapp
Masyarakat Desak Bupati SBT Naikan Status Pulau Manawoko Jadi Kecamatan Definitif

Ambon, Wartamaluku.com – Masyarakat pulau Maniwoko kabupaten Seram Bagian Timur meminta Bupati menaikan status pulau tersebut menjadi kecamatan definitif, ungkap beberapa tokoh pemuda, putra daerah Abdul Gafar Wara-Wara/Rumauw, tokoh Masyarakat Arman Kelilauw, Idris Keliata, dan Kamarudin Keliwar kepada media ini di ambon, jumat, 24/11/2017.

Menurut mereka, Salah satu kebijakan Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur Mukti Keliobas dalam melakukan program Translok ke Hunimua untuk memenuhi syarat- syarat yang di atur dalam Undang -Undang Pemekaran nomor 6 tahun 2014,namun hal itu Anak Adat Negeri Pulau Manawoku (Amarsekaru) menyikapi kebijakan tersebut.

Selain itu mereka juga melakukan konsolidasi setiap generasi muda dan tokoh- tokoh masyarakat di Negeri Amarsekaru untuk meminta kepada Bupati SBT agar Desa Persiapan di Pulau Manawoku harus dinaikan statusnya sebagai Desa definitif.

Sebab Pulau Manawoku layak jadi kecamatan definitif sesuai tuntuntan UU no 6 Tahun 2014. Bagi mereka Manawoku bagian dari integral Kabupaten Seram Bagian Timur maka patutnya diperhatikan sama seperti daerah lain di SBT. “Kami masyarakat Manuwoku adalah bagian dari integral kabupaten SBT yang patut diperhatikan”. Tandasnya.

Sesuai hasil komunikasi yang intensif via Grup WA Lintas Generasi Manawoku sangat responsif dan semua memberikan dukungan positif maupun lewat gerakan untuk mendorong Bupati dan Wakil Bupati SBT agar secepatnya mengambil keputusan terkait halbtersebut.

Dia juga menjelaskan, persiapan dalam menaikan stutus pulau manawoko sejak tahun 2015, “status desa Persiapan di Pulau Manawoku dari tahun 2015 jadi sampai sekrang sudah tiga tahun jadi sesuai UU tentunya sudah memenuhi ketentuan peraturan yang berlaku”.

Lanjutnya, Kami sudah tiga kali melakukan Pertemuan lintas Generasi Manawoku tak lain hanya membicarakan kepentingan Pulau Manawoku agar bisa dinaikan statusnya sebagai kecamatan Definitif.
Menurutnya, hal itu dilakukan bupati agar pulau tersebut bisa setara dengan daerah lain di SBT.

Kami juga meminta kepada Bupati sebelum Hunia di mekarkan menjadi kecamatan harus selesaikan dulu pulau Amarsekru yang statusnya masih persiapan. (WM)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *