“MERINDU” Raih Juara 3 Innovation Award, Plt Sekwan : Mesti Ada Duplikasi di Daerah

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Media Informasi Terpadu atau “MERINDU” DPRD Provinsi Maluku, berhasil menyabet juara 3 pada ajang Innovation Award. Setidaknya, inovasi tersebut dapat ditiru atau di duplikasi oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota, untuk meningkatkan pelayanan publik.

Untuk diketahui, inovasi “MERINDU”
yang dilaunching Kepala Bagian Umum dan Anggaran DPRD Provinsi Maluku, Farhatun Rabiah Samal, S.Sos, M.Si. “MERINDU” meraih penghargaan dan prestasi di ajang Maluku Inovation Award, ketika digelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Maluku Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Maluku Tahun 2025, resmi dibuka oleh Gubernur Maluku Irjen. Pol (Purn.) Drs. Murad Ismail, Rabu (17/4/2024), yang dipusatkan di Ballroom Hotel Santika Premiere Ambon.

Penghargaan atas inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kota se-Maluku maupun OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku melalui Maluku Innovation Award, yakni juara 1 diraih Dinas Pertanian dengan inovasi Pelita si Tani, Juara 2 RSUD dr. Ishak Umarella dengan inovasi Beta Team, juara 3 “MERINDU” DPRD Provinsi Maluku.

Sementara Kategori Kabupaten/Kota se-Maluku, yakni Juara 1 Kota Ambon Kalesang Kintal Kosong, Juara 2 Kabupaten Maluku Tenggara dengan inovasi Jeko Pabesting dan Juara 3 Kabupaten Buru Selatan dengan inovasi Geba Keda.

Samal mengatakan, inovasi “MERINDU”
yang dilakukan di sekretariat DPRD Provinsi Maluku, yang dilaunching Tahun 2022 lalu, sudah menjadi progres selama ini dan sudah diikutkan dalam ajang lomba Innovation Award.” Jadi memang tahun lalu “MERINDU” sempat ikut juga, namun kita ikut presentasi, tapi tidak ikut dalam nominasi,”tutur Samal, kepada awak media, Kamis (18/4/2024).

Pelaksana tugas Sekreraris DPRD Provinsi Maluku ini mengaku, persyaratan itu mesti masing-masing kepala OPD yang presentase langsung. “Tapi, memang tahun lalu itu berhubung saya diluar daerah, makanya ada staf yang presentasikan. Jadi memang awal tahun kemarin ada surat dari Pemda bahwa ada lagi lomba untuk Innovation Award. Makanya, “MERINDU” ikut lagi dalam lomba tersebut. Alhamdulilah, kemarin “MERINDU” meraih juara 3 dalam ajang Inovation Award,”terangnya.

Atas prestasi yang diraih, lanjut Samal, merupakan satu kebanggaan tersendiri. “Jadi apa yang telah dilakukan di DPRD Provinsi Maluku selama ini, setidkanya menjadi capaian atau progres terbaik. Dan ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat, terkait pelayanan publik juga. Dan bermanfaat juga bagi lembaga ini untuk memaksimalkan pelayanan kepada publik kedepan,”paparnya.

Untuk itu, kandidat Sekretaris DPRD Provinsi Maluku ini berharap, kedepan ada duplikasi-dupllikasi pada kabupaten/ kota terkait Inovasi “MERINDU,” sehingga kegiatan kedewanan dan kesekretariatan di kabupaten/ kota berjalan dengan lancar.(***)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *