Penanganan Covid 19 Belum Maksimal, Hurasan Ingatkan Pemerintah Jangan Saling Menyalahkan

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Maluku, semua pihak harusnya bersatu, Baik itu Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota di Maluku serta tim gugus tugas penanganan covid 19 agar terus membangun koordinasi yang baik dan lebih penting adalah jangan saling menyalahkan.

Sangat disayangkan hingga saat ini pemerintah belum bersatu untuk memutus mata rantai covid 19 di provinsi Maluku.

Oleh karena itu, anggota DPRD Provinsi Maluku Ruslan Hurasan mengingatkan pemerintah agar jangan saling menyalahkan tetapi bersatu menangani covid 19 ini.

Karena menurutnya, saat ini yang lebih dibutuhkan masyarakat adalah bagaimana pemerintah fokus soal penanganan masyarakat yang terdampak Corona Virus ini. Hal ini harus diperhatikan agar tidak menjadi keresahan di masyarakat.

“Pastikan betul bantuan-bantuan sosial yang menjadi kebijakan pemerintah pusat maupun kabupaten/kota sudah diterima oleh masyarakat atau belum,” Demikian dikatakan Anggota DPRD Maluku, Ruslan Hurasan kepada wartawan di kantor DPRD Maluku, Selasa, 16/6/2020.

Hurasan juga minta seluruh kabupaten/kota untuk dapat mengevaluasi pemerintah desa apakah sudah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama ataukah belum.

“Ini yang harus diperhatikan sehingga tidak terjadi keresahan di masyarakat, terkait dengan bantuan langsung tunai,” ujar politisi asal Partai Keadilan Bangsa (PKB) ini.

Hurasan juga meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dalam hal ini Tim Penanganan Covid-19 harus proaktif membangun koordinasi secara baik di kabupaten/kota.

Karena pengalaman membuktikan bahwa Perwali Nomor 16 Tahun 2020 yang mengatur Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) yang terus terjadi kontraversi di masyarakat, mesti menjadi pengalaman untuk saling berkoordinasi terutama Pemkot Ambon dengan Pemerintah kabupaten.

“Pemberlakuan PKM ini harus menjadi pengalaman, karena ada letak geografis dan letak pulau yang membutuhkan koordinasi. Ini harus dilakukan sehingga kebijakan apapun sebelum dieksekusi harus dilakukan sosialisasi secara baik kepada masyarakat,” tandas dia.

Masyarakat lanjut Hurasan, hari ini sudah tidak lagi ingin terkekang. Mereka ingin supaya bagaimana melangsungkan hidup secara baik. Olehnya itu, pemerintah berkewajiban untuk melihat itu.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi apa yang menjadi himbauan pemerintah. Sadar betul bahwa covid-19 harus dilawan dengan kerja bersama baik pemerintah daerah maupun masyarakat,” ujar Hurasan. (**).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *