Satu Orang di Kota Ambon Resmi Positif Corona

  • Whatsapp

Ambon, Wartanaluku.com – Berdasarkan hasil resmi terbaru yang dirilis gugus tugas pencegahan dan penanggulangan coronavirus disease atau Covid-19 Provinsi Maluku, di Kota Ambon satu (1) orang positif Corona. Pasien positif itu terkonfirmasi dari kasus 2 PDP yang dirilis kemarin.

Satu orang positif itu telah menjalani pemeriksaan serta isolasi sesuai ketentuan di RSUD dr Haulussy-Ambon. Namun kondisi pasien dalam kondisi membaik. Hal itu diungkapkan Ketua Gugus Tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang di lantai VI kantor Gubernur Maluku, Minggu (22/3/20).

“Perkembangan kasus per hari ini di Maluku, di Kota Ambon satu kasus positif. Hasil periksa sampel dari BTKL Kemenkes Jakarta sudah kita dapat dan ditelepon jam 4 subuh tadi. Terkonfirmasi hasil sampel yang dikirim kemarin tiga sampel, satu positif dan satu negatif. Satunya lagi belum didapat. Pasien yang positif dalam kondisinya membaik” jelas Kasrul.

Sementara untuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP) atau yang ada diisolasi di rumah sakit, sebanyak 1 orang. Sedangkan kategori orang dalam pemantauan (ODP) atau telah diperiksa dan berada diluar rumah sakit terdata sebanyak 53 kasus.

Penetapan khususnya ODP, dilihat ada peningkatan. Berarti hal yang perlu dikhawatirkan karena ini menunjukkan Puskesmas bekerja maksimal sehingga dapat menjaring orang-orang datang dari luar daerah, yang memang berasal dari daerah terpapar covid-19.

“Tidak ada yang kita pulangkan selama masih diisolasi. Data PDP 1 dan 53 ODP per jam 12 siang ini dari kabupaten/kota. Usai dapat hasil, kita koordinasi dengan Polda, Kodam dan Walikota Ambon bahwa hasilnya positif. Setelah dapat info, kita sementara lakukan tracking atau pelacakan. Kita juga siapkan beberapa lokasi untuk isolasi dan perketat dipintu masuk bandara dan pelabuhan,” pungkasnya didampingi Kadis Kesehatan Provinsi Maluku dr Meykal Pontoh. (MR-02)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *