Sekda MBD Tinjau Lokasi NOC di Desa Patti Pulau Moa

Tiakur, Wartamaluku.com – Sekrataris Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Alfons Siamiloy didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Badan Aset dan Keuangan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Bappeda, Kepala Balitbang, Kabag Protokoler dan Komunikasi Kepemimpinan, Staf Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. MBD dan Pihak PT. Palapa Timur Telematika yang diwakili oleh Wanri serta Kepala Desa dan staf Desa Patti meninjau pembangunan Network Operation Centre (NOC) yang terletak di Desa Patti pulau Moa Kabupaten MBD beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui NOC adalah tempat administrator yang mengawasi, memantau dan mengamankan jaringan komunikasi, atau sering disebut pusat data. Suatu ruangan yang berisi visualisasi dari jaringan atau jaringan yang sedang dipantau, dimana status rinci jaringan dapat dilihat dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengelola jaringan.

Network Operation Center (NOC) ini merupakan pusat operasi sistem dari jaringan kabel bawah laut untuk Wilayah Ring Timur.

Proyek infrastruktur ini berupa pembangunan jaringan serat optik beserta Network Operation Center (NOC) diseluruh Indonesia yang menjangkau 514 Kabupaten/Kota. Salah satunya di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Hal ini merupakan salah satu upaya dalam rangka mendorong pemerataan akses telekomunikasi di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), Pemerintah telah membangun sarana infrastruktur telekomunikasi yakni Proyek Palapa Ring, yang terbagi menjadi 3 paket yakni Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah dan Palapa Ring Timur.

Program pembangunan jaringan telekomunikasi bawah laut palapa ring wilayah timur khusus untuk Kabupaten Maluku Barat Daya mendapat 2 titik yakni di Pulau Wetar dan Pulau Moa yang ditangani oleh PT. Palapa Timur Telematika.

Sekretaris Daerah Kabupaten MBD Alfonsius Siamiloy dalam arahan singkatnya mengatakan semua peralatan maupun infrastruktur yang ada di Desa Patti Pulau Moa ini harus dijaga dan dilestarikan sehingga tidak ada pengrusakan dari masyarakat. Karena ini adalah aset negara yang harus dijaga untuk kepentingan umum.

Untuk itu, Siamiloy berharap Kepala Desa dan seluruh masyarakat Desa Patti dapat bekerja sama pada saat membangun jaringan darat tersebut sehingga dapat berjalan lancar untuk kepentingan semua masyarakat Maluku Barat Daya (MBD).

“Kita berterima kasih kepada Pemerintah Pusat karena dengan adanya Proyek Palapa Ring Timur ini, kita dimudahkan dalam penggunaan akses informasi dan telekomunikasi melalui jaringan internet yang akan mendukung pelayanan tugas dan tanggung jawab pemerintah menuju sistem pemerintahan berbasis elektronik serta mendukung akses masyarakat terhadap implementasi informasi.” ungkapnya.

Selain itu juga Pemerintah Daerah akan membangun tower–tower mini guna mentransmisikan sinyal ke kecematan-kecamatan yang ada di Kabupaten Maluku Barat Daya ini ucap Sekda diakhir arahannya. Ucap Siamloy.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Weruhair A.A. Petrusz, menyampaikan dengan adanya NOC yang dibangun oleh PT. Palapa Timur Telematika ini maka selanjutnya dalam waktu dekat akan dibangun jaringan dari NOC ke titik Pemerintah Daerah pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. MBD. (WM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *