Sekkot Ambon Buka Festival Seni Budaya Islam

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmase secara resmi membuka kegiatan Festival Seji Budaya Islam di Islami Center, Selasa (17/10/2023).

Kegiatan ini digagas oleh Dewan Pimpinan Daerah ( DPD ) LasQi Kota Ambon.

Sekkot pada kesempatan itu msngatakan, Lasqi sebagai lembaga Seni keagamaan memiliki tanggungjawab besar dalam pembinaan, pengembangan dan peningkatan mutu Seni qasidah di Kota Ambon secara berkelanjutan, terutama dalam menyelenggarakan festival seni qasidah secara berjenjang.

Oleh karena itu,mengingat pelestarian dan pengembangan qasidah sebagai media dakwah dan syair islam melalui seni budaya, turut memiliki andil dalam mendukung Ambon City of Music.

“Apalagi festival qasidah kali ini semakin semarak karena turut melombakan tarian samrah dan hadrat sebagai bagian dari kekayaan budaya Islam yang perlu terus dilestarikan untuk penerus generasi,” ujar Sekot.

Oleh karena itu, sebagai Pemerintah Kota, Sekkot memberikan apresiasi dan menyambut positif.

Pada kesempatan itu, Sekoot memberikan beberapa pesan yakni, Pertama, melalui festival budaya ini budaya Islam diharapkan dapat memberi motivasi kepada anak-anak, remaja dan penerus bangsa untuk terus mengenal, mendalami dan mengembangkan seni budaya Islam sebagai wadah syair dan dakwah untuk membangun karakter generasi yang berakhlak, bermoral dan berbudi pekerti.

Kedua, melalui Lasqi diharapkan mampu mengembangkan, menyiarkan dan mengedukasi nilai-nilai positif dari seni budaya Islam untuk dapat beradaptasi dan tidak tertinggal dengan pengembangan seni-seni moderen masa kini.

Untuk diketahui, pada kesempatan itu juga dilakukan pemilihan duta qasidah Kota Ambon tahun 2023 yang berlangsung dari Selasa (17/10/2023) hingga Kamis (19/10/2023).

Ada pun lomba dan peserta festival yakni, lomba bintang vokalis qasidah kelas putra dan putri untuk kategori anak-anak, remaja dan dewasa dengan jumlah 21 peserta, dan lomba pop religi solo kelas putra dan putri kategori anak-anak, remaja dan dewasa sebanyak 36 peserta. (WM/tim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *