Selalu Bawah Logistik, DPRD Minta ABK Pelni Tes Swab

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – DPRD Provinsi Maluku mendesak pihak PT PELNI, agar seluruh Anak Buah Kapal (ABK)-nya yang bertugas membawa logistik kebutuhan pokok masyarakat ke kabupaten/kota di Maluku harus melakukan uji swab Covid-19.

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat di kabupaten/kota juga aman ketika mereka menerima logistik-logistik dimaksud.

“Kami minta ABK Pelni yang mengangkut kebutuhan pokok masyarakat ke kabupaten/kota untuk dapat mengikuti uji swab. Jangan hanya rapid test,” demikian penegasan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Maluku, Frankois Orno kepada wartawan, Rabu (3/6/2020) di Baileo Rakyat- Karpan, Ambon.

Menurutnya, dalam situasi seperti ini sudah pasti tidak bisa kita membatasi kapal-kapal yang membawa logistik kebutuhan masyarakat. Hanya saja, harus dipikirkan bagaiman keamanan dari masyarakat kita yang akan menerima logistik itu. Satu-satunya cara ABK-nya harus di- Swab.

Olehnya itu, Orno mendesak pihak PT Pelni untuk melakukan uji Swab bagi setiap ABK-nya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh anggota DPRD Maluku asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Rofiq Afifudin.

Dikatakan, seringkali masyarakat atau penumpang kapal yang kita haruskan untuk melakukan rapid test sebelum melakukan perjalanan dengan kapal laut, tetapi bagaimana dengan para ABK yang ada? Apakah mereka semuanya sehat?.

“Ini yang terkadang membuat kita lalai dalam pemutusan mata rantai covid. Kalau menerapkan protokol kesehatan maka selain penumpang harus menunjukan hasil rapid-nya, tetapi ABK juga harus betul-betul sehat dan bebas dari Covid. Selain itu, kapal setiap saat harus disemprot cairan disinfektan,” jelas Afifudin. (**).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *