Tingkatkan Kebersamaan Pemprov Maluku Gelar Halal bi Halal

Ambon, Wartamaluku.com – Dalam rangka merajut dan meningkatkan kebersamaan Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Provinsi Maluku bersama TNI – POLRI serta masyarakat kota Ambon menyelenggarakan Halal Bi Halal Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, bertempat di Gedung Islami Center Waihaong Ambon. Rabu 26/6/2019.

Hadir dalam acara tersebut yakni Gubernur Maluku, Wakil Gubernur Maluku, Pangdam XVI Pattimura, Kapolda Maluku dan sejumlah pejabat TNI/POLRI, sejumlah pimpinan SKPD dan pegawai di lingkup Pemprov Maluku serta tokoh-tokoh agama dan masyarakat kota Ambon.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya mengatakan dalam menyambut hari Hari Raya Idul Fitri memiliki tradisi mengucapkan minal aidin waI-fa’tzin. sambil bermaafkan dengan keluarga dan Iingkungan karena memiliki ikatan emosional di dalamnya yang mampu membedakan latar belakang kelompok, suku dan agama.

Kemudian disambung dengan serangkaian acara Halal bi Halal. seperti yang di laksanakan ini. lnilah khazanah kearifan Iokal. di Indonesia yang sangat khas , dalam rangka merawat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam spiritual Bhineka Tunggal Ika.

“Halal Bi Halal lahir dari imajinasi para ulama di negara ini, agar kita tetap menjaga dan menjalin silaturahmi sesama anak bangsa. Walaupun bangsa ini adalah bangsa yang majemuk tetapi kita tetap satu sebagaimana semboyan Bhineka Tunggal Ika, Berbeda-beda tetapi Tetap Satu. Demikian juga katong di Maluku, walaupun katong berbeda-beda, tetapi tetap satu. Katong samua basudara. bukan hanya karena punya hubungan darah. tetapi juga katong basudara karena katong sama-sama Iahir dibesarkan, makan dan minum dan rahim bumi Siwalima ini. Sehingga tidak ada alasan untuk katong bercerai apalagi saling menyakiti. Untuk itu, jangan pernah putus silaturahmi atau tali gandong. Mari sama-sama katong baku kele maju, dalam Semangat Halal bi Halal dalam membangun Maluku kedepan. “Tuturnya.

Untuk itu, melalui momentum Halal bi Halal ini juga saya mengajak kita semua baik Pemerintah Daerah, DPRD, TNI – POLRI, Pemerintah Kabupaten/Kota, PNS, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Pemuda, LSM, Pers untuk tingkatkan spirit kebersamaan, sehingga cita-cita kita untuk mengentaskan kemiskinan dan pengangguran di daerah ini dapat terlaksana dengan baik, sekaligus mewujudkan visi Pemerintah Provinsi Maluku 2019-2024 yaitu : “Maluku Yang Terkelola Secara Jujur, Bersih, dan Melayani, Terjamin dalam Kesejahteraan dan Berdaulat atas gugusan kepulauan”ucap Gubernur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *