Tradisi Tato Simbol Penentangan Kasta di India

  • Whatsapp
Chanda Ram Pengikut Ramnami Samaj.

Warta Maluku – Masih tersimpan rasa bangga dalam diri Mahettar Ram Tandon terhadap pesan tak terhapuskan yang dia bawa hampir selama lima dekade. Tandon menato tubuhnya dengan nama Dewa Hindu, Ram, di seluruh tubuhnya.

Memakai Lungi, baju tradisional India sederhana, dan mengenakan Mukut, topi bulu merak, Tandon adalah bagian dari gerakan Ramnami Samaj di sebelah timur negara bagian Chhattisgarh, salah satu wilayah termiskin di India.

“Di hari saya mulai memakai tato, itu hari kelahiran baru saya,” katanya. “Saya yang tua sudah mati.” Ditolak masuk ke dalam kuil, umat dari kasta rendah Hindu di Chhattisgarh menato tubuh dan wajah mereka lebih dari seratus tahun lampau, sebagai bentuk pembangkangan dan pengabdian.

Para pengikut gerakan Ramnami menato nama Dewa Ram di tubuh mereka untuk memberi pesan kepada orang-orang India dari kasta yang lebih tinggi bahwa sesungguhnya Tuhan ada di mana-mana, terlepas dari kasta atau status sosial seseorang.

Sekarang, tato ungu Tandon (76) telah memudar, setelah beberapa dekade karena terpaan kerasnya sinar matahari di desanya Jagmohan.

Sementara itu, di dekat desa Gorba, Punai Bai (75), menghabiskan waktu lebih dari dua minggu untuk menato seluruh tubuhnya menggunakan pewarna yang terbuat dari campuran jelaga lampu minyak tanah dengan air.

“Tuhan untuk semua orang, tidak hanya untuk satu komunitas,” kata Bai yang tinggal di rumah dengan satu kamar bersama putra, menantu perempuan, dan dua orang cucu. Pengikut Ramnani kini berjumlah sekitar 100 ribu jiwa lebih, mereka tinggal di desa yang setidaknya menyebar di empat wilayah di kota Chhattisgarh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *