Survei MSS: Publik Masih Inginkan Gubernur Assagaff

  • Whatsapp

Ambon, Wartamaluku.com – H – 3 Pilkada Maluku ternyata Publik masih mengingingkan Said Assagaff kembali pimpin Maluku. Demikian dikatakan Direktur Media Survei dan Strategi (MSS) Husein Marasabessy, Sabtu, 23/6/2018.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Media Survei dan Strategi dalam rilisnya mengatakan survei tersebut menggunakan metode Multi Stage Random Sampling, dengan Sampel 800 orang, dengan margin of eror kurang lebih sebesar 3, 5 persen.

Menurutnya, dukungan Cagub – cawagub pasangan Said Assagaff dan Andreas Rentanubun memimpin dengan dukungan 34, 70% dengan margin antara Santun dan Hebat 8,4% sedangkan margin antara Hebat dan Baileo hanya 1,4 %.dan yang belum menentukan dukungan sebanyak 14,10%.

Selain itu, tingkatan untuk mengiginkan kembali Gubernur sekarang untuk memimpin Maluku yakni 35,00% dan yang tidak mengiginkan 34,00% sedangkan yang belum menentukan pilihan 31,00%.

Menurutnya, sesuai hasil survei publik masih mengiginkan Assagaff kembali pimpin Maluku karena ada beberapa alasan yakni popularitas antara dikenal dan disukai.

Tingkat pengenalan dan kesukaan dengan Kandidat Said Assagaff 91,00 % disusul Abdulah Vanath dengan tingkat dikenal 80,70% dan disukai 76,00%, kemudian diikuti Murad Ismail dengan dikenal 73,50% dan disukai 69,20%.

Oleh sebab itu, menurut hasil survei ternyata hanya Said Assagaff yang tingkat popularitas dan kesukaan dinilai sangat memenuhi syarat kemenangan, karena pengenalan Said Assagaff 91 % kesukaan 83, 6 %, dikenal dan disukai merupakan kunci seseorang menang dalam pilkada.

Kemudian alasan kedua, secara umum keadaan politik, ekonomi, keamanan, penegakan hukum dinilai baik oleh masyarakat, dengan keadaan politik, Santun mencapai 65,50%, ekonomi 55,50%, keamanan 75,80% penegakan hukum 70,10% dan sosial kemasyarakat 80,50%.

Selain itu juga, publik Maluku merasa puas dengan kinerja Gubernur Petahana dengan responden sebesar 70,40% dan publik menganggap Gubernur Assagaff berhasil dalam tugasnya dengan responden sebesar 69,90%. Oleh sebab itu sesuai rumus pilkada jika kepuasaan dan keberhasilan Incumbent di atas 50 % maka Incumbent tersebut berpeluang besar untuk terpilih kembali pada 27 juni.

Kemudian, dari dukungan partai, mayoritas dukungan partai kepada Said Assagaff yakni PKB 40%, PDIP 25%, Golkar 65%, Nasdem 40% PKS 50%, PPP 50 50%, PAN 35%, Hanura 45%, Demokrat 45%. Mayoritas dukungan partai kepada Said Assagaff, banyak partai bukan berarti banyak dukungan namun ada pada jualan figur.

Oleh sebab itu, kami prediksi pada 3 hari kedepan jika tidak ada kejadian luar biasa maka prediksi urutan tersebut sulit untuk berubah, maka pasangan Santun tetap berada pada urutan pertama di susul pasangan Hebat dan Baileo. Ungkapnya. (WM)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *